Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan


Kalimat ini diulang hingga 31 kali di dalam Al-Quran surat Ar-Rahman, yang artinya, “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Mengapa kalimat ini begitu penting?

Bahwa manusia diciptakan dengan kelemahan: Pelupa dan Malas Berfikir.

Dalam QS. Yunus: 12, Allah berfirman:

“Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah kami hilangkan bahaya itu darinya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan”

Seringkali kita (manusia) ditengah musibah, kita ingat dan sujud kepada Allah, meminta untuk dimudahkan jalan dalam menghadapi musibah. tetapi ketika ditengah kesenangan, nikmat (dunia), kita menjadi lalai. Lupa bahwa kesenangan dan kenikmatan itu semua adalah pemberian Allah SWT sehingga kita menjadi kufur nikmat. Maka ayat ini menjadi penting sebagai peringatan bagi manusia, tempatnya salah dan lupa. Subhanallah..

[ Ar-Rahman 55.14] Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar,

[Ar-Rahman 55.15] dan Dia menciptakan jin dari nyala api.

[Ar-Rahman 55.16] Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Pernahkah kita ingat bahwa kita ada yang menciptakan? dan yang menciptakan kita adalah Allah SWT. Dan seringkali manusia malas berfikir. Cobalah ingat ini di setiap detik hembusan nafas kita.

[Ar-Rahman 55.26] Semua yang ada di bumi itu akan binasa.

[Ar-Rahman 55.27] Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

[Ar-Rahman 55.28] Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Pernahkah kita ingat akan kiamat? bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara? Pernahkah kita berfikir kiamat akan datang ditengah berlimpahan nikmat dunia yang kalian dapat? Dan seringkali manusia malas berfikir.

Maukah kita luangkan waktu sejenak untuk menyadari bahwa semua yang ada di dunia ini tanpa kecuali, semata-mata pemberian dari Allah SWT? Sebagian dari kita mungkin hanya menelan bulat-bulat “warisan” agama Islam dari orang tua, dan malah menjadi “Islam KTP” saja, tanpa mau berfikir dan mempelajari betapa indahnya Islam serta demi pengertian kita secara keseluruhan mengenai Islam maka PASTI jadi meningkatkan keimanan kita.

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Tanpa sedikitpun mengesampingkan pentingnya surat-surat lain di dalam Al-Quran, surat Ar-Rahman ini sangat indah dan mencakup seluruh pembuktian bahwa dunia ini adalah milik Allah SWT, bahkan manusia sekalipun, akan berpulang ke rahmatullah. Dijelaskan juga dalam surat ini mengenai adanya neraka dan syurga, dan siapa saja yang pantas memasuki kedua tempat tersebut di akhirat. Al-Quran sudah menjelaskan semuanya secara lengkap:

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan (merenungkan) ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran (QS. Shaad 38:29)

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Bahkan makhluk dari golongan Jin pun juga menanggapi akan Surat Ar-Rahman ini. Abu Ja’far Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membaca surat A r-Rahman,atau surat itu dibaca di sisi beliau, maka beliau bersabda: “Mengapa aku mendengar jin menanggapi untuk Rabb mereka lebih baik dari kalian?” . Para Sahabat bertanya, “Apa itu wahai Rasulullah?” Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam menjawab: “Tidaklah aku membaca firman Allah Subhanahu wa ta’ala. Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan,’ melainkan para jin menjawab, ‘Tidak ada satu pun nikmat Rabb kami yang kami dustakan.'” [Ath-Thabari (XXII/23)]. Diriwayatkan juga oleh Hafizh al-Bazzar. [Kasyful Astaar (III/74)] .

Abu ‘Isa at-Tirmidzi meriwayatkan dari Jabir, ia berkata, “Suatu ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam mengunjungi para Sahabat dan membacakan surat Ar-Rahman tapi para Sahabat hanya terdiam. Maka Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: “Aku membacanya untuk para jin pada malam jin. Mereka menanggapi lebih baik daripada kalian. Setiap kali aku membaca ayat, ‘Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan?’, mereka berkata, ‘Tidak ada satu pun nikmat-nikmat-Mu, wahai Rabb kami, yang kami dustakan. Bagi-Mu-lah segala puji.’ At-Tirmidzi berkata, “Hadits gharib” [Tuhfatul Ahwadzi (IX/177). [at-Tirmidzi (no. 3291). Hasan, dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahiihul Jaami’ (no. 5138)]]. Diriwayatkan juga oleh Hafizh Abu Bakar al-Bazzar. [Al-Hakim (II/473)] .

Sekarang mari kita tanya pada diri kita masing2. Tanyakan pada hati kita,

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? .

Bisa kah kita menjawab nya? Dgn segala tindak tanduk manusia utk menutupi dosanya dgn berbagai pembenaran? Kita itu melakukan maksiat dgn segala nikmat yg Dia berikan dan Dia melihat kita melakukannya .

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

 

 

Semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

3 thoughts on “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan

  1. Asop mengatakan:

    Yap, saya suka sekali surat ar-rahman ini…😥
    Menyadarkan saya bahwa begitu banyaaaaaaak sekali nikmat yang Allah berikan pada saya, pada kita semua.
    Panca indera sempurna, saya punya keluarga masih lengkap, saya punya sodara banyak, keluarga besar, saya masih bisa makan tiga kali dalam sehari, masih bisa kuliah, udah bisa mencari uang sendiri, saya masih punya rambut, masih bisa pakai baju, celana, dan sepatu, saya masih…. Begitu banyak nikmat yang Allah berikan tak terhitung.😥

    Tapi bodohnya saya masih bisa mengeluh hanya karena kejadian sepele…😦

  2. princessdika mengatakan:

    Betul.. semoga surat ini dapat mengingatkan kita untuk selalu kembali pada-NYA. materi ini akan menjadi materi kultwit @IslamDiaries juga. Follow twitternya untuk pencerahan, atau blog nya di http://www.islamdiaries.tumblr.com. Syukron,,,,

  3. Nor mengatakan:

    Mohon share

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: